Home » » Cara Memandikan Burung Yang Baik dan Benar

Cara Memandikan Burung Yang Baik dan Benar

Written By Unknown on Saturday, December 28, 2013 | 9:40 AM

Salah satu cara menjaga kesehatan burung dan membuatnya tetap rajin berkicau adalah dengan memandikannya. Kebiasaan burung mandi akan mengikuti pola yang biasa diterapkan. Jika sejak awal burung terbiasa mandi di cepuk wadah air, maka untuk mengubah kebiasaan dia tidak mudah. Begitu juga kebiasaan waktu mandi burung.

Cara memandikan.
Burung sebaiknya dimandikan dalam tempat mandi khusus burung yang dapat dibeli di penjual sangkar, agar burung terbiasa didekati dan lebih cepat jinak. Burung juga bisa mandi sepuasnya, terstimulasi untuk berkicau, memperlambat timbulnya sisik pada kaki dan jari, waktu untuk membersihkan sangkar dan mengganti pakan atau minuman menjadi lebih leluasa. Usahakan tidak memandikan burung dengan disemprot. Karena bisa membuat bulu burung menjadi pecah dan bisa terluka karena burung akan terus berlompatan pada jeruji sangkar saat disemprot.

Waktu mandi.
Untuk burung berkicau, waktu yang paling baik untuk mandi adalah di pagi hari sebelum pukul 09.00 dan sore hari antara pukul 15.00-16.00. Hal ini untuk menstimulasi  burung cepat jinak dan rajin berkicau. Bagi burung yang sudah terlatih, sebaiknya dimandikan pada sore hari agar di pagi hari (sambil dijemur) tidak terganggu bila berkicau. Memandikan burung di sore hari juga akan membuat kondisi sangkar lebih bersih saat ditempatkan di dalam rumah pada malam hari.

Burung malas mandi? Jangan dipaksa!
Jangan terlalu memaksa burung yang enggan mandi karena bisa membuatnya stres berat dan perlu waktu lama untuk memulihkannya. Lakukan secara perlahan dan bertahap. Jika ingin mengubah kebiasaan mandi burung, lakukan pada masa burung paska mabung, sebelum mulai dimandi-jemur secara rutin. Pada masa itulah burung banyak "melupakan" kebiasaan lama dan dia akan belajar tentang kebiasaan-kebiasaan baru, bahkan termasuk soal isian dan lagu yang dia bawakan.

Beri sedikit kebebasan.
Beri burung sedikit kebebasan dengan menyediakan wadah air agak besar di sangkar burun. Biarkan burung mandi kapanpun dia mau. Sehingga burung merasa rileks dan nyaman tanpa paksaan.
Share this article :

+ comments + 1 comments

September 3, 2015 at 7:27 AM

burung sangat rentan terhadap... kacer sakit

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Kicau Burung | Burung Ocehan
Copyright © 2014. Kicauan Burung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Nawang Septiani
Proudly powered by Blogger